Soal
- Manfaat literature?
- Jelaskan apa saja unsur yang wajib termuat pada Judul penelitian?
- Apa yang harus termuat dalam Latar Belakang penelitian?
- Apa yang harus di termuat dalam Saran penelitian?
- Apa yang menjadi tujuan Proyek Mahasiswa?
- Apa beda tipe proyek mahasiswa dibidang komputer Research dengan Industry-Based?
- Apa pengertian Software Engineering (SE) menurut Ian Sommerville?
- Untuk melakukan analisis sistem pada tahapan kedua dari SDLC, apa saja tools yang dapat kita gunakan?
- Jelaskan 4 aspek yang dinilai (parameter penilaian) pada skripsi menurut Berndtsson ?
- Sebutkan 4 syarat / kiat membuat slide presentasi skripsi yang baik!
Jawaban
1. Literature pada dasarnya berguna untuk mengembangkan ilmu yang mendukung suatu penelitian, mengkaji awal permasalahan, membantu pemilihan prosedur penelitian, mendalami landasan teori, mengetahui kelebihan dan kekurangan hasil penelitian terdahulu, menghindari duplikasi penelitian dan menunjang perumusan masalah. Berikut ini beberapa manfaat literature review. Manfaat yang pertama yaitu, menempatkan posisi pekerjaan kita pada posisi relatifnya. Misalnya IT Investment jadi isu, ada orang yang sudah menulis yang dikaitkan dengan IT Investment dalam suatu organisasi, IT investment di berbagai sektor. Ketiga bagian itu membicarakan hal yang sama yaitu IT Investment. Gabungkan ketiga bagian tersebut dikatakan sebagai posisi relatif pada apa yang akan kita kerjakan. IT investment di berbagai sektor dan dampaknya pada suatu organisasi. Kedua, dengan melakukan literature dapat menggambarkan keterhubungan antara satu penelitian dengan penelitian lainnya yang terkait dengan point of interest kita. Ketiga, dapat mengidentifikasikan cara lain untuk menginterpretasikan dan cari gap/kesenjangannya, itu yg akan dikumpulkan di peaces analysis. Keempat, dapat menjadi point untuk review literatur ini menjadi dasar kita untuk penelitian berikutnya. Kelima, dengan menggambarkan fisic of puzzle orang akan menggambarkan significant of the problem. Evaluasinya pada originality atau keaslian yang terlihat pada metodologi yang sesuai dengan pemecahan masalah.
2. Judul penelitan sebaiknya singkat padat dan mewakili seluruh isi penelitan. Judul maksimal hanya terdiri dari 10-12 kata, tidak ada singkatan, tidak menggunakan kata-kata redundant. Judul penelitan wajib memuat:
- Method/Model
- Tujuan Penelitan
- Obyek Penelitan
Contoh: Penerapan Algoritma A* yang Diperbaiki untuk Pencarian Tempat Parkir Kosong di Mal dan Supermarket
3. Pola alur paragraf pada Latar Belakang Penelitian mengikut pada OMKKMasaSolTu, yaitu:
- Obyek penelitan (O)
- Metode-metode yang ada (M)
- Kelebihan dan kelemahan metode yang ada (KK)
- Masalah pada metode yang dipilih (Masa)
- Solusi perbaikan metode (Sol)
- Rangkuman tujuan penelitan (Tu)
4. Yang harus dimuat pada Saran penelitian adalah sebagai berikut.
- Langkah berikutnya setelah temuan diperoleh (Future Works).
- Saran bisa berupa teori, implementasi (praktis), atau untuk penelitan berikutnya.
- Apabila kesimpulan menolak hipotesis, maka perlu disarankan penelitan lebih lanjut untuk menguji teori-teori yang ada.
- Apabila kesimpulan menerima hipotesis, maka saran diarahkan ke langkah praktis bagaimana supaya hasil penelitian bisa diimplementasikan.
5. Tujuan dari Proyek Mahasiswa terutama bagi kampus yaitu, sebagai media untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa terhadap semua materi yang telah dipelajari selama studi. Tujuan dari Proyek Mahasiswa bagi mahasiswa yaitu, sebagai kesempatan untuk menerapkan ide dan berkontribusi dalam menyelesaikan suatu masalah.
6. Research / Penelitian, dari defnisi : Research is a considered actvity, which aims to make an original contributon to knowledge (Dawson,2009). Biasanya Research untuk proyek mahasiswa yang mengambil studi S3/PhD/Doktoral dibidang komputer. Tujuannya research sesuai pengertiannya adalah untuk membuat kontribusi dengan menemukan, merevisi, suatu teori masalah (dengan adanya penemuan teori, metode, atau peningkatan suatu metode). Sehingga memiliki kontribusi pada ilmu pengetahuan.
Industry-Based, Proyek yang tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah pada dunia kerja, misalnya pada bagian tertentu suatu organisasi, kampus, perusahaan. Fokusnya adalah kebutuhan organisasi, atau dunia kerja dengan menerapkan metode tertentu. Pada mahasiswa komputer, khususnya jurusana TI biasanya anda diminta membangun suatu aplikasi sesuai dengan kebutuhan klien. Banyak skripsi / tugas akhir mahasiswa S1 komputer, khususnya di Indonesia menekankan proyek Industry-Based.
Perbedaan dari kedua jenis proyek tersebut adalah pada tujuan. Tujuan Research adalah untuk membuat kontribusi dengan menemukan, merevisi, suatu teori masalah sementara Industry-Based bertujuan untuk menyelesaikan masalah pada dunia kerja yang berfokus pada kebutuhan organisasi atau dunia kerja dengan menerapkan metode tertentu.
7. Software engineering menurut Sommerville (2007: 4) adalah disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan, dimana ada dua kata kunci yaitu:
- Disiplin Rekayasa, dimana perekayasa membuat suatu alat bekerja dengan menerapkan teori, metode dan alat bantu yang sesuai serta penggunaan secara selektif dan selalu mencoba mencari solusi terhadap permasalahan walaupun tidak ada teori atau metode yang mendukung.
- Semua aspek produksi perangkat lunak, rekayasa perangkat lunak tidak hanya berhubungan dengan proses teknis dari pengembangan perangkat lunak tetapi juga dengan kegiatan seperti manajemen proyek perangkat lunak dan pengembangan alat bantu, metode, dan teori untuk mendukung produksi perangkat lunak. Sumber: https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-2-01559-IF%20Bab2001.pdf
8. Salah satu tool yang dapat digunakan untuk mendesain sistem adalah dengan diagram seperti UML, DFD dan Flowchart serta paradigm seperti Data-Oriented, Process-Oriented dan Object-Oriented. UML atau Unified Modelling Language adalah tool untuk pendekatan dengan Object-Oriented. DFD atau Data Flow Diagram adalah tool untuk pendekatan dengan Data-Oriented. Dan Flowchart atau Diagram Alir adalah tool untuk pendekatan dengan Process-Oriented.
9. Penilaian skripsi menurut Berndtsson (2008) ada 4 yaitu:
- General atau Umum: Penguji akan melihat relevansi antara jurusan yang anda ambil dan proyek anda kerjakan dan juga sejauh mana akan memberikan kontribusi untuk menyelesaikan masalah yang ada.
- Report atau Laporan: Penguji akan melihat konsistensi, kesesuaian, kejelasan dari laporan yang anda buat dan keterkaitan antara literature/referensi yang anda gunakan untuk menyelesaikan laporan tersebut.
- Defence atau Pertahanan: Penguji akan menilai argument yang anda punya untuk membantu dan mempertahankan kesimpulan yang telah anda buat dan juga akan melihat pandangan dan pemahaman terhadap pekerjaan yang telah anda buat, sehingga kesimpulan yang telah dibuat bisa dipertanggung jawabkan dan dipertahankan.
- Other atau Hal-Hal Lain: Penguji akan menilai kelengkapan administrasi dari proyek yang anda buat. Apakah anda telah mengikuti regulasi atau standar yang berlaku dengan benar atau tidak akan dinilai oleh penguji dan juga sudahkah anda membuat dokumentasi yang benar pada proyek yang telah anda buat.
10. Berikut ini beberapa kiat slide presentasi skripsi yang baik:
- Secara umum alur presentasi sebaiknya mengikuti alur skripsi.
- Gunakan theme slide putih bersih, hindari menggunakan gambar dan animasi yang tidak perlu.
- Gunakan font hitam untuk isi slide, dan kata-kata yang penting bisa diberi penekanan dengan font warna merah atau biru
- Ukuran font jangan lebih kecil dari 30pt, usahakan menggunakan 28pt atau 26pt.
- Citation boleh diselipkan di kalimat dalam slide, dengan font yang diset lebih kecil(18pt atau 20pt).
- Slide tidak berisi paragraph penuh, slide hanya poin-poin penting saja, berikan ilustrasi gambar bila diperlukan.
- Gunakan slide size standard (4:3) karena secara umum projector mendukung ukuran ini, jangan pernah gunakan widescreen (16:9).
Kiat presentasi ujian:
- Dalam sesi Tanya Jawab, dengarkan dengan tenang, catat bila perlu apa yang diungkapkan penguji. Tunggu sampai penguji selesai bicara, jangan memotong dengan jawaban singkat, karena itu membuat jawaban kita tidak komprehensif, dan ide kita gampang dijatuhkan.
- Pahami dan hapalkan referensi utama kita, jawab pertanyaan dengan suara lantang dan meyakinkan, dengan landasan yang shahih dan jelas dari referensi yang kita pahami tersebut.
- Jangan mendebat dengan tanpa landasan, jangan banyak gunakan “saya duga/pikir”, terima kalau koreksi dari penguji memang logis, sampaikan bahwa akan melakukan revisi di bagian yang telah dikoreksi penguji.